1Kendari, kpud-sultraprov.go.id, Senin, 20 Maret 2017, Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Dr. H. Syafruddin, SE.MTP saat mempimpin Apel pagi menyampaikan poin-poin penting hasil dari Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian/SDM Komisi Pemilihan Umum di Mataram Tanggal 15 s/d 17 Maret 2017, bahwa Pegawai yang berada dilingkup KPU harus berasaskan 4 hal yaitu pertama Pegawai KPU Harus Mandiri yang berarti bisa bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing tanpa harus menunggu perintah dari pimpinan ujarnya, selanjutnya Pegawai KPU sebagai penyelenggara pemilu itu harus bersikap Profesionalitas dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Berintegritas pegawai KPU harus menjaga kredibilitas, dan Pegawai KPU harus Transparan dalam melaksanakan tugas bersikap keterbukaan dalam memberikan informasi yang benar serta tidak menyebarkan isu yang menyebabkan kekacauan, ujar beliau.

Lanjut H. Syafruddin menyampaikan bahwa rapat Koordinasi Bidang SDM KPU yang bertemakan Penguatan SDM KPU untuk Peningkatan Kualitas Penyelenggara Pemilu yang digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan dibuka oleh Ketua KPU RI Juri Ardiantoro dalam sambutan beliau mengatakan bahwa tantangan menjadi bagian dari Sumber Daya Manusia (SDM) KPU tidak hanya menjadi profesional saja, tetapi juga dituntut memiliki nilai lebih yaitu kepemimpinan kreatif, inspiratif dan inovatif, Penguatan Sumber Daya Manusia di KPU mempunyai peranan yang penting dalam memperkuat Demokrasi di Indonesia. KPU tidak hanya ditantang sebagai Penyelenggara pemilu yang baik dan berintegritas, tapi bisa menjadi alternatif institusi yang mengisi kekosongan yang selama ini di klaim institusi demokrasi tapi tidak maksimal menjalankan tugas dan kewajibannya, terus nya. “Sudah banyak survey yang membuat indikator kinerja lembaga demokrasi tersebut dan sebagian besar penilaian justru memprihatinkan. Institusi yang selama ini kita anggap sebagai pilar demokrasi, justru menjadi problem itu sendiri,”

Selain itu pula sekretaris KPU Prov. Sultra ini mengatakan bahwa Rakor dihadiri pula oleh Anggota KPU Hasyim Asy’ari, Sigit Pamungkas, dan Arief Budiman, Sekretaris Jenderal KPU Arif Rahman hakim, para Sekretaris dan Kabag SDM di 34 KPU Provinsi se Indonesia, Para pejabat dan staf di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU. Rakor ini juga membahas isu-isu penguatan kepegawaian mulai dari KPU pusat hingga ke tingkat bawah tutup beliau dalam wawancara kami (irbundo kpu prov.sultra)