Laworo, kpud-sultraprov.go.id. Rabu 15 Maret 2017, 2KPU Kabupaten Muna Barat melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati terpilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat Tahun 2017. Rapat pleno ini selain dihadiri oleh seluruh Komisioner & Sekretariat KPU Kabupaten Muna Barat, juga dihadiri oleh Pj. Bupati Muna Barat, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muna Barat, Sekda Muna Barat, kapolres Muna, Dandim 1416 Muna, Kajati Muna, Ketua Pengadilan Kab. Muna, Panwaslih Muna Barat, Pasangan calon terpilih berserta LO dan simpatisan, unsur media serta seluruh PPK, PPS, dan KPPS se kabupaten Muna Barat.

1Kegiatan rapat pleno ini di laksanakan pada pukul 10.00 Wita dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pj. Bupati Muna Barat  Rony Yakub La Ute. Dalam sambutannya Beliau mengatakan atas nama Pemerintah dan masyarakat Muna Barat mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dalam hal ini KPU Kabupaten Muna Barat beserta jajaran dibawahnya yang telah menyelenggarakan seluruh rangkaian tahapan dan jadwal pilkada di Kabupaten Muna Barat dengan baik. Beliau juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak keamanan yang telah menjaga keamanan dan kedamaian di Kabupaten Muna Barat.

Sambutan berikutnya diberikan oleh Ketua KPU Muna Barat Al Munardin sekaligus membuka kegiatan rapat pleno tersebut. Dalam sambutannya Al Munardin mengatakan, semua proses Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Muna Barat tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan semua pihak, bukan hanya dari unsur badan adhock akan tetapi dengan adanya dukungan dari Pemerintah dan masyarakat maka pilkada di Muna Barat dapat terlaksana dengan aman dan tetib. Ia juga mengatakan, dalam rapat pleno ini meskipun tidak dihadiri oleh pasangan nomor urut 1 Ihsan – La Nika namun penetapan pasangan calon terpilih ini tetap sah dilakukan.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Berita Acara penetapan calon terpilih oleh Ketua KPU Kabupaten Muna Barat 3Al Munardin, pembacaan SK Penetapan calon terpilih oleh Sekretaris KPU kabupaten Muna Barat. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan salinan SK penetapan kepada Paslon terpilih oleh Ketua KPU Kabupaten Muna Barat. Kegiatan Rapat Pleno ini berakhir pada pukul 13.00 Wita dan ditutup dengan opening statement dari L.M Rajiun Tumada-Achmad Lamani sebagai Pasangan Calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Muna Barat Periode 2017-2022. (KPU Prov Sultra-Usman)