1Kendari, kpud-sultraprov.go.id. Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non PNS yang bekerja di Pemerintahan biasanya sudah mendapat pemotongan gaji secara rutin tiap bulan untuk membayar pajak. Tapi bukan berarti tidak perlu lagi melakukan lapor pajak. tapi tetap harus mengisi SPT (Surat Pemberitahuan) Pajak Penghasilan. bahwa sekarang Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memiliki cara efektif dan mudah dalam Pelaporan kapanpun dan dimanapun kita bisa melaporkan SPT Tahunan kita melalui jaringan internet aplikasi yang disebut e-Filing. Pengisian SPT bukan hanya diperlukan untuk mendata pembayaran pajak, tapi juga mencakup semua penghasilan dari kegiatan usaha, pekerjaan bebas, serta penghasilan lainnya. Untuk melakukan e-Filing, maka yang dilakukan adalah hanya perlu mengajukan permohonan e-FIN ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat yaitu ke Kantor Pajak Kendari di Jalan Sao-Sao Kendari No. 188 Bende, Kadia Kota Kendari Setelah mendapatkan e-FIN, selanjutnya mendaftarkan diri di situs Direktorat Jenderal Pajak. Kemudian, kita tinggal mengikuti prosedur yang ada untuk mengisi SPT masing-masing para Wajib Pajak.

Secara umum, sistem e-Filing melalui situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP), yang beralamatkan di www.pajak.go.id, adalah sistem pelaporan SPT menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun, yang dibuat oleh DJP untuk memberikan kemudahan bagi WP dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada DJP secara lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah. Dengan e-Filing, WP tidak perlu lagi menunggu antrian panjang di lokasi Dropbox maupun Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Hal ini merupakan salah satu terobosan baru pelaporan SPT yang digulirkan DJP untuk membuat WP semakin mudah dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

2Sejalan dengan penjelasan di atas, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara kembali melakukan pelaporan pajak tahunan untuk masing-masing Pegawai PNS maupun non PNS Lingkup KPU Provinsi Sulawesi Tenggara. Asmayanti Latief selaku PNS Bagian Program, Data, Organisasi dan SDM yang memfasilitasi penginputan laporan pajak tahunan mengatakan bahwa Pelaporan kali ini merupakan tahun kedua PNS maupun Non PNS Lingkup KPU Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan pelaporan Pajak melalui sistim e-filing, hal ini menandakan bahwa kita di KPU Provinsi Sulawesi Tenggara patuh dalam hal pelaporan dan menandakan kami sebagai Wajib Pajak yang taat yang siap melaporkan Pajak Penghasilannya

Semoga ini terus berlanjut di masa mendatang mengingat Pajak Penghasilan, Wajib dilaporkan setiap tahunnya dan juga karena merupakan kewajiban sebagai Pegawai Negeri Sipil. (KPU Prov Sultra-Anty)