Monthly Archives: February 2016

1Kendari, www.kpud-sultraprov.go.id. Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bombana, hingga saat ini belum memiliki pejabat sekretaris defenitif. Sudah setahun lebih posisi sekretaris KPU Kabupaten Bombana dijabat oleh salah satu kasubag sekaligus Pelaksana Tugas Sekretaris. Kekosongan ini tentu saja sedikit berdampak pada kinerja KPU Kab. Bombana sebagai penyelenggara Pemilu maupun Pilkada. Memasuki awal tahun 2016, tentu saja beban tugas KPU Kabupaten Bombana akan semakin bertambah, mengingat KPU Kabupaten Bombana merupakan salah satu kabupaten Penyelenggara Pilkada Tahun 2017 yang tahapannya rencananya dimulai di bulan April 2016. Mengingat KPU Kab. Bombana sebagai penyelenggara Pilkada 2017 tentu saja sangat tidak strategis jika posisi sekretaris masih dijabat oleh pelaksana tugas.

Continue reading

1Kendari, www.kpud-sultraprov.go.id. Dalam waktu dekat, KPU RI mengundang KPU Provinsi Se Indonesia guna membahas masalah Partisipasi Masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada, melalui surat KPU RI Nomor 40/UND-KPU/II/2016, Perihal Undangan Rapat Koordinasi/Konsolidasi Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat tanggal 24 Februari 2016, KPU RI menyampaikan jadwal, waktu, dan tempat pelaksanaan kegiatan koordinasi/konsolnas dimaksud.

Continue reading

1Kendari. www.kpud-sultraprov.go.id. Senin 29 Februari 2016, pada pukul 13.00 di Ruang Kerja Ketua KPU Prov. Sultra di gelar Konsolidasi internal dalam rangka membahas hasil keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 120/PHP.BUP-IV/2016 yang memerintahkan PSU di tiga TPS pada penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Muna, rapat tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Provinsi Sultra, Hidayatullah, SH. Rapat tersebut dihadiri 3 Komisioner KPU Prov Sultra, Sekretaris KPU Prov. Sultra, Pls. Kasubag Teknis dan Pls. Kasubag Hukum serta Komisioner KPU Kab. Muna.

Continue reading

2Kendari.www.kpud-sultraprov.go.id –Pelaksanaan Pilkada serentak 2015 di 7 (tujuh) Kabupaten dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara telah berakhir (kecuali Kab. Muna), Penyelenggaraan Pilkada di beberapa daerah tersebut secara umum berjalan lancar dan sukses, walaupun pada beberapa tahapannya masih terdapat kekurangan yang cukup menarik perhatian stakeholder dan pemerhati Pilkada, adanya beberapa permasalahan tersebut sehingga KPU Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Rapat evaluasi untuk 7 (Tujuh) KPU Kabupaten yang sudah menyelenggarakan pilkada serentak 2015. Berlangsung di Grand Ballroom hotel Plaza Inn (25/2), Rapat dibuka oleh Andi Sahibuddin, S. Ag, Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tenggara didampingi Kabag SDM selaku ketua panitia kegiatan beserta staf sekretariat KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, sedangkan peserta yang hadir adalah Ketua dan Sekretaris untuk 7 (Tujuh) Kabupaten yang sudah menyelenggarakan pilkada serentak desember 2015 lalu yaitu KPU Kabupaten Konawe Selatan, KPU Kabupaten Konawe Utara, KPU Kabupaten Kolaka Timur, KPU Kabupaten Konawe Kepulauan, (kecuali Kab. Muna), KPU Kabupaten Buton Utara dan KPU Kabupaten Wakatobi.

Continue reading

11Kendari, kpud-sultraprov.go.id. Setelah menyelesaikan perkara sidang hasil Pemilihan Kepala Daerah bagi empat Kabupaten (Konawe Kepulauan, Wakatobi, Buton Utara dan Konawe Utara) yang menyelenggarakan Pilkada Tahun 2015 dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, bertempat di ruang sidang panel, Kamis 25 Februari 2016, Mahkamah Konstitusi kembali memutuskan hasil persidangan perkara Nomor 120/PHP.BUP-XIV/2016 dengan Pokok Perkara : Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Muna Tahun 2015.

Berdasarkan Informasi dari Iwan Rompo Banne (Koordiv Teknis Pemilu KPU Prov Sultra) yang mengikuti jalannya Persidangan, menyampaikan bahwa Mahkamah Konstitusi telah memutuskan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Muna Tahun 2015 yang dibacakan dalam sidang Pleno Mahkamah Konstitusi oleh Hakim Anwar Usman, dengan pokok-pokok putusannya sebagai berikut :

Continue reading